Siapa “Pencuri” Uang Saya???

Beberapa waktu lalu, saya mendapat email pertanyaan dari salah seorang pembaca, kita sebut saja namanya pak Amat, mengenai tantangan keuangan yang sedang dihadapinya :

“Pak Joe, penghasilan saya per hari kurang lebih 1 juta pak, berarti kalo sebulan kurang lebih kisaran 30 juta, untuk bayar karyawan 5 juta, untuk bayar cicilan rumah, motor, listrik, air, pengeluaran rumah tangga lainnya kurang lebih 8 juta.

Tapi saya heran pak karena tiap bulan cuman bisa nabung 10 juta doang… Lah sisanya…7 jt ini pak yg bikin bingung saya….kemana hilangnya???

Bagaimana cara mengatur keuangan dengan benar pak…mohon pencerahannya…”

Apakah Anda familiar dengan tantangan keuangan diatas?

Pernahkah Anda mengalaminya?

Atau mungkin Anda sedang alami hal yang sama saat ini?

Saya yakin, banyak teman teman yang mengalami tantangan keuangan yang mirip dengan situasi pak Amat ini.

Dalam pengalaman dan perjalanan saya dan istri mewujudkan kebebasan keuangan dan perjalanan kami berbagi serta membimbing banyak sekali teman teman melalui berbagai even pelatihan entrepreneurship maupun investasi properti yang kami selenggarakan, kami menemukan banyak sekali tantangan tantangan serupa yang dialami dan dihadapi oleh teman teman.

Bahkan, tantangan keuangan seperti pak Amat ini, ternyata juga dialami oleh teman teman yang berhasil memperoleh hasil besar dari praktek pembelajaran mereka di berbagai program pelatihan yang mereka ikuti.

Jadi mereka berhasil meningkatkan penghasilan mereka berkat pelatihan bisnis atau investasi yang mereka ikuti, tetapi keberhasilan itu tidak bisa bertahan, dan kemudian di satu titik mereka KEHILANGAN SEMUA yang sudah berhasil diperolehnya, serta kembali ke posisi awal mereka, bahkan ada yang malah mundur ke belakang.

Hmmm…..Fenomena apakah ini?

Di satu sisi berhasil memperbesar penghasilan dengan berbagai cara, tapi di sisi lainnya ternyata hasilnya tidak bertahan lama, bahkan hilang lenyap tak berbekas.

Teman teman, belajar cara memperbesar penghasilan dengan berbagai macam cara dan strategi memang penting, tetapi belajar cara mengelola, dan mengembang biakkan hasil yang selama ini sudah diperoleh  jauh lebih penting.

Ironisnya…. Orang pada umumnya, hanya fokus belajar dan mencoba berbagai macam cara dan strategi baru, memperbesar penghasilan, tanpa pernah sadari bahwa tanpa ilmu mengelola dan mengembang biakkan uang, maka hasil yang telah mereka peroleh selama mereka bekerja atau berusaha selama ini, akan hilang kembali (karena itulah salah satu sifat dasar UANG)…. dan ujung ujungnya yang di”salah”kan adalah strateginya yang tidak bekerja dengan baik.

Dan kemudian setelah mencari dan mencoba berbagai macam cara lainnya, tetapi tetap berakhir juga dengan siklus atau pola penghasilan yang naik turun seperti ilustrasi grafik dibawah ini ….

grafik-income
Teman teman, inilah yang terjadi sebenarnya, mereka tidak tahu sifat sifat uang, mereka tidak tahu cara uang bekerja, dan mereka tidak tahu cara merawat, mengelola dan mengembang biakkan uang.

Sehingga ketika uang sudah berhasil mereka dapatkan, maka tak lama kemudian uang tersebut kabur lagi ke tangan orang lainnya…..dapat uang, kabur lagi, dapat uang, kabur lagi….begitu seterusnya menjadi siklus atau pola berulang.

Perumpamaan berikut ini akan dapat memperjelas apa yang terjadi sebenarnya :

Pak Budi, adalah seorang ahli burung yang sangat terkenal, dan Amir adalah seorang anak muda yang ingin belajar ilmu menangkap burung.

Setelah belajar dan mengetahui semua jurus menangkap burung, Amir pergi ke hutan sendirian, dan berhasil menangkap berbagai macam burung seperti halnya pak Budi.

Dan Amir, dengan senang dan bangganya mengabarkan pada pak Budi bahwa dia sudah berhasil menangkap berbagai burung dan sekarang di rumahnya sudah dihiasi dan diramaikan oleh kicauan burung burung itu.

Tetapi beberapa bulan kemudian, Amir datang kembali pada pak Budi, dan dengan sedih dan menangis bercerita bahwa, semua burung yang berhasil ditangkapnya itu sekarang sudah hilang tidak berbekas, dan dirumahnya saat ini sudah tidak ada satu burungpun.

Kemudian pak Budi bertanya, “Amir, apa yang sebenarnya terjadi? Setelah kamu berhasil menangkap burung burung itu, apakah yang kamu lakukan?

Amir menjawab, “Ya…saya masukkan ke kandang burung pak. Terus saya nikmati bunyi dan kicauannya…. Tapi beberapa waktu kemudian burung burung itu mati satu persatu…..dan ada juga yang terbang kabur meloloskan diri dari sangkarnya.

Pak Budi bertanya lagi “Emang gimana cara kamu merawatnya? Dikasih makan dan minum gak burungnya??

Dan…Amir dengan lugunya menjawab  “Lho? emang perlu dirawat ya pak? Gimana cara merawatnya? dikasih makan minum ya pak? Makannya apa aja? Minumnya apa aja? Sehari berapa kali? Terus perlu diapain lagi?”

Hahahaha…. Ternyata Amir hanya belajar ilmu menangkap burung, tanpa belajar ilmu memelihara dan menyenangkan hati burung burung yang sudah ditangkapnya……

burung-lepas
Sama halnya dengan uang, orang pada umumnya, hanya fokus belajar cara memperoleh uangnya, tapi tanpa pernah sadar, bahwa seperti halnya burung-burungnya Amir, uang yang berhasil didapat, juga perlu di rawat, dipelihara dan dikembangbiakkan.

Dan orang pada umumnya tidak pernah sadari, betapa pentingnya belajar dan kuasai ilmu merawat, memelihara dan mengembangbiakkan uang yang sudah berhasil diperolehnya.

Untuk itu, dari pengalaman dan berbagai pembelajaran yang kami lalui dalam mengembang biakkan burung….eits salah….. mengembang biakkan UANG selama ini,…. kami sangat sadar dan tahu dimana penyebab tantangan tantangan keuangan tersebut terjadi.

Kami tahu persis bahwa banyak sekali orang yang alami tantangan dalam keuangan, dan kami sadar bahwa kami memiliki jawaban dan solusi atas hal tersebut.

Hingga akhirnya kami putuskan untuk membantu dan mengajarkan solusinya di website The Key to Financial Freedom  untuk bisa mempercepat pencapaian kebebasan keuangan Anda.

Sebagai pembelajaran awal, Anda bisa download 3 Free Audio di website http://thekeytofinancialfreedom.com.

Pembelajaran lebih lanjut bagi teman-teman yang ingin mendalami bisa mengikuti Workshop The Key to Financial Freedom yang hanya kami selenggarakan 3x dalam 1 tahun.

Tetapi kabar gembiranya, penerbit Gramedia akan SEGERA menerbitkan buku The Key to Financial Freedom ini.

Nah dalam beberapa hari ke depan, kami akan membuka kesempatan PRE-ORDER buku The Key to Financial Freedom special edition, lengkap dengan Promo dan Bonus Khusus yang HANYA dapat diperoleh saat Anda melakukan Pre-Order buku ini. 

Untuk menerima pemberitahuan via email saat promo PRE-ORDER buku “The Key to Financial Freedom” diluncurkan,  silakan isi nama dan email Anda di :

Join Waiting List Buku “The Key to Financial Freedom

Berikut beberapa komentar dari orang-orang yang telah menerima dan membaca draft buku “The Key to Financial Freedom” :

“Langkah awal meraih sukses adalah dengan pemahaman yang benar tentang sukses dan menguasai hal-hal mendasar yang jadi fondasi sukses.

Buku ini menguraikan hal-hal mendasar dan penting untuk meraih sukses keuangan, yang sering tidak diperhatikan dan selama ini jadi faktor utama kegagalan banyak orang dalam upaya meraih sukses keuangan.”

Dr. Adi W. Gunawan, CCH.
Indonesia Leading Expert in Mind Technology
www.AdiWGunawan.com

 

Jika kita ingin menjadi dokter, kita masuk fakultas kedokteran. Jika kita ingin kebebasan finansial, Pak Joe dan Bu Wei Wei adalah guru yang tepat. Karena mereka benar-benar HIDUP dan MENJALANI Kebebasan Finansial.
Mulailah Sekarang! You Gonna Learn A Lot From This Book!”

Agus Setiawan
Founder
www.bacakilat.com

 

“Membaca buku ini, seperti memiliki konsultan keuangan pribadi. Membukakan mata tentang kondisi keuangan kita, memperbaiki semua kekeliruan, meluruskan mitos dan menuntun langkah demi langkah dengan cara yang mudah dimengerti; bagaimana menjadi makmur yang sebenar-benarnya”. 

Christine Lerin
Author

 

“Anda keliru bila menganggap buku ini melulu membahas tentang uang. Ada banyak kebijaksanaan kehidupan terselip di dalamnya”.

Gobind Vashdev
Heartworker

 

Buku ini sarat dengan ilmu keuangan yang bagus sekali, ditulis oleh praktisi keuangan dengan bahasa sangat membumi, dan disertai dengan contoh contoh kasus yang sederhana, tapi benar benar mengena.

Saya yakin buku praktis keuangan ini, akan menginspirasi  dan menyelamatkan keuangan banyak orang, hingga tentunya akan membawa kebahagiaan serta kedamaian dalam menjalani kehidupan semua orang yang mempraktikkan isinya”.

Ir. Sinarto Dharmawan, MBA
Presiden Direktur Intiland Grande

 

“Buku ini sesungguhnya tidak berbicara tentang uang dan kekayaan. Buku ini ternyata berbicara tentang kesadaran dan prinsip-prinsip kehidupan yang dikemas secara cerdas, sederhana, mudah dipahami, tetapi mengandung teknik penggeseran mindset yang dahsyat.

Sungguh sebuah sumbangsih yang berharga bagi bangsa dan negara serta bersumber dari hati yang tulus. Terima kasih Joe Hartanto dan Tju Wei Wei. Anda berdua luar biasa!”

Sjahsjam Susilo

Mindset Trainer, Hipnoterapis, Pemerhati & Praktisi Meditasi
Penulis Buku “I Feel Good”
www.sjahsjam.com

Sekali lagi, kami akan segera membuka kesempatan PRE-ORDER buku The Key to Financial Freedom special edition, lengkap dengan Promo dan Bonus Khusus yang HANYA dapat diperoleh saat Anda melakukan Pre-Order buku ini. 

Untuk menerima pemberitahuan via email saat promo PRE-ORDER buku “The Key to Financial Freedom” diluncurkan,  silakan isi nama dan email Anda di :

Join Waiting List Buku “The Key to Financial Freedom

Salam Sukses Berkelimpahan,

Joe Hartanto & Tju Wei Wei

Co Founder of TheKeytoFinancialFreedom.com

Founder of PropertyCASHMachine.com

 

Joe Hartanto