Properti tidak membuat Anda Kaya!!!

Ya, anda tidak salah baca judul diatas. Memang terdengar tidak masuk akal dan kontroversial.. tapi itulah kenyataan yang saya rasakan dan alami.. beberapa kali saya membeli (“berinvestasi”) properti di tahun 1994, 1995 dan 1996 tapi ternyata saya tidak menjadi kaya…malahan saya mengalami kerugian yang cukup besar. Dan ternyata pendapat saya tersebut disetujui oleh Robert T. Kiyosaki dalam buku terbarunya yang saya beli beberapa waktu yang lalu “Increase Your Financial IQ” (sudah ada terjemahannya dalam bahasa Indonesia di Gramedia)

Jadi berhati hatilah dalam membeli atau investasi di properti, karena salah salah bukan kita tambah kaya, malah kerugian besar menanti. Nah apa yang seharusnya kita lakukan jika kita ingin menjadi kaya dengan membeli properti ???

Sebelum kita membeli properti, pertama tama yang harus kita lakukan adalah meningkatkan finansial IQ kita. Karena yang membuat kita kaya bukanlah properti nya, tetapi kecerdasan finansial  kitalah yang membuat investasi properti kita berhasil dan membuat kita menjadi semakin kaya bahkan bisa pensiun dan mendapatkan pasif income. Nah menurut Robert T Kiyosaki, tingkat kecerdasan finansial seseorang diukur dengan finansial IQnya.

Terdapat 5 dasar Finansial IQ yang harus kita miliki, yaitu :

1. IQ untuk menghasilkan uang lebih banyak
2. IQ untuk melindungi nilai uang yang sudah didapat
3. IQ untuk menganggarkan penggunaan uang
4. IQ untuk menggunakan daya ungkit uang
5. IQ untuk meningkatkan informasi keuangan

Untuk berhasil dan sukses dalam berbisnis dan investasi properti, adalah mutlak kita membutuhkan kecerdasan keuangan. Semakin tinggi tingkat kecerdasan keuangan kita, maka makin tinggilah penghasilan kita, dan makin kayalah kita.

Jadi sebelum anda berinvestasi di real estate, tingkatkan terlebih dahulu kecerdasan finansial anda, pelajari dulu cara caranya, cara berinvestasi yang aman, cara mengungkit kekuatan uang anda dengan meminjam uang di bank tapi dengan cara yang aman, cara mencari dan memilih real estate yang langsung untung pada saat kita beli.

Hal ini sangatlah sejalan apa yang saya lakukan sekarang. Setelah saya berhasil meningkatkan finansial IQ saya, barulah saya berhasil melakukan investasi di properti. Sehingga sekarang saya berhasil membeli beberapa aset properti, tanpa mengeluarkan uang dari kantong sendiri, bahkan mendapat uang, dan tanpa harus memikirkan angsuran bulanannya, karena sudah ada yang bayari.

Dan hal ini jugalah yang selalu saya ajarkan dalam workshop properti Property Cash Machine, bahwa sebelum berinvestasi di real estate, kita harus menggunakan kecerdasan finansial, kita harus pergunakan kedua otak kita kanan dan kiri dengan seimbang, tidak bisa hanya pakai otak kanan saja lho!!..…kita harus mampu menganalisa apakah properti yang kita beli ini akan menghasilkan uang buat kita baik dari cash flow maupun dari capital gain, bagaimana properti yang kita beli ini bisa kita peroleh tanpa kita mengeluarkan uang sepeserpun malah dapat uang (yang ini bener bener enak lho…dapat properti…..dapat uang lagi…), bagaimana bank menilai kita sehingga aplikasi kredit kita pasti disetujui… bagaimana memilih properti yang akan bekerja membuat kita semakin kaya dan mendapat pasif income.

So, mulailah untuk selalu berusaha meningkatkan Finansial IQ dan kecerdasan keuangan anda.

.

Joe Hartanto