Modal Rp 300 jutaan Punya Aset Senilai Rp 2,3 Milyar

bayar-kpr

Baru baru ini seseorang bertanya demikian pada saya, “Pak Joe, bila saya punya uang tabungan 300 juta dan saya memiliki kemampuan menyisihkan penghasilan saya tiap bulannya sebesar 2 jutaan, apa yang bisa saya lakukan untuk berinvestasi properti yang menguntungkan?

Pertanyaaan-pertanyaan mirip-mirip begini sudah sering saya terima. Yang mana kebanyakan berpikir bahwa untuk investasi properti baru bisa setelah punya uang milyaran.

Tentu asumsi tersebut tidak tepat. Untuk lebih jelasnya saya tuliskan jawaban yang saya berikan pada si penanya tersebut.

Jadi ada dua skenario….

  1. Skenario pertama adalah skenario Anda gak ngapa ngapain, tapi Anda “kehilangan” uang tabungan Anda yang 300 jutaan.
  2. Skenario kedua, Anda kerja sedikit diawal, tapi tabungan 300jutaan tetap utuh malah Anda tambah pintar.

Nah yang mana yang anda pilih skenario pertama atau skenario kedua?

Hmmmm coba saya pengen tahu dulu skenario pertama itu seperti apa??” kata si penanya tersebut pada saya.

Baiklah, saya jelaskan cara dan perhitungannya untuk skenario pertama sebagai berikut ya….

Dengan memiliki tabungan 300 juta, Anda bisa beli sebuah properti seharga Rp 1 M, kemudian uang tabungan Anda tersebut anda bayarkan sebagai DP 30 % yaitu Rp 300 jt dan sisanya 700 juta Anda bisa pinjam bank untuk minta dibiayai melalui fasilitas KPR (Kredit Kepemilikan Rumah).

Jika Anda mengambil jangka waktu pinjaman selama 10 tahun dan mendapat bunga sebesar 9 %, maka angsurannya perbulan sekitar 9 jutaan (108 jutaan setahun).

Nah kemudian Anda sewakan properti tersebut dengan rate 8%. Kan sekarang banyak tuh para penjual properti yang menjanjikan imbal hasil sewa 8% pertahun, tentunya Anda juga pasti bisa mendapatkan hasil yang sama.

Dengan rate 8% artinya properti tersebut menghasilkan penghasilan atau uang sewa sebesar 80 juta setahun, berarti dengan masih kurang 28 juta dari total angsuran 108 juta yang harus Anda bayarkan setahunnya.

Artinya setiap bulan Anda harus nombokin angsuran 2,3 jt per bulan (tidak masalah, toh Anda memiliki kemampuan menabung 2 jutaan per bulannya).

Anggap saja, tiap tahun harga sewa Anda naikkan 10 %, maka di tahun ke 2, Anda nombokin angsuran tinggal 1,6 jt per bulan. Di tahun ke 3 nombokinnya tinggal 900 rb an per bulan. Kemudian di tahun ke 4 nombokin nya hampir engga ada…karena cuma 126 rb doang per bulan.

Nah… kehidupan Anda akan terasa paling indah adalah mulai di tahun ke 5. Karena mulai di tahun ke 5 ini, uang sewa yang Anda dapatkan sudah jauh lebih besar dari nilai angsuran Anda. Anda akan mendapat sisa uang sewa (uang sewa dikurangi angsuran) di tahun ke 5 ini sebesar Rp 9 jt an.

Kemudian tahun ke 6 : 20 jt an.. tahun ke 7 : 33 jt an dan seterusnya .. 10 tahun lunassssss tuh properti..

Dan setelah lunas, maka setiap tahun Anda bisa menikmati penghasilan bersih uang sewa hampir 200 jt an dan saat itu nilai properti milik Anda, sudah di atas 2,3 M.

Berapa modal Anda tadi? Hanya 300 jutaan bukan?

Berapa passive income Anda saat ini? Rp 200 jt an per tahun..

WOW…. LUARBIASA sekali yaaaaa….

investasi-properti-naik

Tapi sebentar…. Itu adalah skenario pertama, dimana walau Anda sekarang punya properti senilai Rp 2,3 M dan pasive income 200 jutaan setahun, tapi kan Anda “kehilangan” uang tabungan Anda 300 jutaan diawalnya, karena dipakai untuk DP propertinya.

Tadi diawal, kan saya sudah bilang ada skenario kedua, dimana di skenario kedua ini, Anda kerja sedikit diawal, dan tabungan Anda tetap utuh, sehingga kerjaan Anda itu seakan akan “dibayar” 300 jutaan (malah bisa lebih) dan Anda malah tambah pintar.

Nah, kalau Anda sekedar mau tahu saja tentang skenario kedua ini, sebenarnya saya sudah pernah jelaskan dengan cukup detil dalam sebuah buku yang sudah menjadi bestseller dan dicetak ulang puluhan kali oleh penerbit nomor satu di Indonesia.

Anda yang sudah punya bukunya, ayo dibaca lagi dan dipraktekkan skenario keduanya. Buat Anda yang belum punya, Anda bisa memesan untuk Anda pelajari skenario keduanya di buku PropertyCASHMachine yang bisa Anda order DISINI.

Tapi, kalau Anda gak hanya sekedar mau tahu saja, tapi mau tahu bangeeeeeeeetttt dan ingiiiiiiin dijelaskan caranya dengan detil serta dibimbing langsung langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan dalam skenario kedua, maka Anda bisa cek jadwal pelatihan atau workshop PropertyCASHMachine terdekat di jadwal workshop PCM.

Nah… Saat nanti Anda ikuti kelas pelatihan PropertyCASHMachine.. saya akan jelaskan bahwa Anda bisa dapat properti yang naik nya di atas 15 % setahun dan yang sewanya bisa diatas 12% setahun ! Lebih WOW lagi kan!

Dan sttttt….Anda akan dapat dan kuasai ilmunya utk BELI properti yang tanpa DP, jadi kalau Anda tidak punya tabungan 300 juta, Anda juga tetap punya kesempatan untuk bisa miliki properti senilai 2,3 M.

Dan Anda juga akan melihat bagaimana saya telah melakukannya berkali-kali, tanpa saya harus nombokin angsuran setiap bulan.

SO…. Sebenarnya tidak ada alasan lagi untuk Anda bilang bahwa Anda tidak bisa beli properti, bahwa properti itu cuma investasinya orang berduit.

Anda juga bisa asal Anda mau tahu bangeeeett dan serius pelajari serta praktekkan caranya di Workshop PCM

Dan terakhir, ini nasehat mentor saya beberapa tahun lalu:

“Banyak alasan untuk gagal.. hanya ada 1 alasan untuk sukses (yaitu).. JANGAN BANYAK ALASANLAH……

(Saya udah bosen kebanyakan denger alasan ini itu… dan biasanya ya dengernya dari orang yang selalu merasa dirinya gagal)

Salam Sukses Berkelimpahan,
Joe Hartanto

Founder of TheKeytoFinancialFreedom.com
Founder of PropertyCASHMachine.com

Joe Hartanto