Ludes Rp 1,2 Milyar Dalam 6 Bulan

Beberapa waktu yang lalu saya ada menulis artikel “Saya Ditipu….Saya Bangkrut” dan saya menerima banyak respon dari Anda dan pembaca blog lainnya. Salah satunya adalah dari Bapak NN yang ‘curhat’ bahwa Uangnya Rp 1,2 Milyar Ludes dalam 6 bulan, seperti yang bisa Anda baca berikut ini.

curhat-nn-ludes
Nah di artikel ini saya ingin merespon email pak NN ini dan juga kepada Anda yang pernah atau sedang mengalami situasi yang mirip dengan pak NN berupa sebuah surat terbuka.

 

Surat TERBUKA untuk pak NN dan Anda Semua

 

Kepada Pak NN yang terhormat dimanapun Anda berada saat ini.

Membaca email komentar Anda untuk tulisan saya berjudul “Saya Ditipu….Saya Bangkrut”, saya sungguh sangat simpati dengan situasi yang Anda hadapi saat ini karena saya pernah mengalami situasi yang mirip dengan Anda, bahkan mungkin lebih parah dari yang sedang Anda hadapi saat ini.

Saya tidak hanya sekedar lips service atau basa basi saat bilang bersimpati  tapi saya benar benar dapat memahami dan merasakan situasi Anda.

Saat saya menghadapi situasi kehilangan seperti yang Anda ceritakan, tidaklah mudah, sungguh situasi saat itu mampu membuat perasaan saya benar benar seperti yang Anda katakan “hancur”, stress, depresi, paranoid, dll…..

Butuh waktu yang cukup lama sebelum akhirnya saya bisa menyadari bahwa saya tidak boleh berlarut larut dalam situasi sedih dan tidak memberdayakan itu.

Saya lalu menyadari bahwa, saya tidak bisa mengubah apa yang sudah terjadi, saya tidak bisa memperbaiki “gelas yang sudah pecah”, saya tidak mungkin mengubah “nasi yang sudah jadi bubur”.

Sesaat setelah timbul kesadaran bahwa saya tidak bisa mengubah masa lalu, timbulah kesadaran baru bahwa masa depan yang belum datang masih bisa saya ubah.  Dan masa depan sangatlah tergantung dari apa yang saya lakukan saat ini.

Dalam hidup, Anda bisa memilih, apakah Anda ingin memutuskan untuk tetap diam di dalam sebuah situasi yang tidak memberdaya diri, atau Anda putuskan untuk “move on”.

Anda bisa memilih untuk meninggalkan situasi itu  dan memilih situasi yang jauh lebih mendukung diri Anda.

Orang orang yang saat ini bisa hidup menikmati kesuksesannya, baik dalam hal materi, mentalitas dan spiritualitas, dalam kenyataannya pernah satu, dua atau bahkan beberapa kali  mengalami situasi “keterpurukan” seperti yang sedang Anda alami.

Dan hal yang membuat mereka bisa menikmati kesuksesannya karena mereka sadar, bahwa mereka tidak bisa terus meratapi situasi tersebut, mereka tidak bisa mengubah apa yang sudah berlalu, tetapi mereka sadar bahwa mereka masih bisa mengubah masa depan, jika mereka putuskan untuk “move on” dan mulai menanamkan hal-hal baik di saat ini agar mereka dapat menuai masa depan yang jauh lebih baik.

Sudut pandang dan sikap orang orang tipe ini dalam menghadapi situasi “sulit”lah yang membuat mereka saat ini bisa menikmati kesuksesan hidupnya saat ini.

Nah, pak NN, sebagai orang yang juga pernah beberapa kali mengalami situasi seperti bapak dan mampu berhasil bangkit dan mengubah masa depan saya menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya, saya sangatlah yakin bahwa sepanjang Anda memutuskan untuk segera tinggalkan situasi “keterpurukan” saat ini, “move on” dan mulai menanam bibit-bibit perbuatan baik saat ini dengan  cara seperti:

  • Mencari lingkungan yang lebih mendukung Anda
  • Mengisi pikiran Anda dengan membaca dan belajar hal hal yang dapat mendukung masa depan yang jauh lebih baik
  • Meng-AMAL-kan, mem-PRAKTEK-kan apa yang sudah dipelajari

Saya yakin seyakin-yakinnya bahwa Anda juga akan mampu bangkit dan mengubah masa depan Anda menjadi jauh lebih baik seperti halnya yang orang orang sukses dan saya juga lakukan untuk mengubah situasi yang Anda katakan “hancur” menjadi utuh dan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Memang kita tidak bisa membuat utuh kembali “gelas yang retak” atau kita tidak bisa mengubah “nasi yang sudah jadi bubur” tetapi kita kan bisa menjadikan si gelas  retak itu menjadi barang antik pajangan dan membuat nasi yang sudah jadi bubur menjadi bubur ayam yang lezat 🙂

Lalu kemudian kita bisa membeli gelas utuh kristal yang lebih baik dan indah dan kita bisa membeli lagi beras yang jauh lebih baik dan enak, betul atau benar….hehehehe 🙂

Pak NN dan teman teman semuanya, dalam hidup sebaiknya Anda menyadari bahwa apapun situasi yang saat ini sedang Anda alami, tidaklah kekal, semuanya akan berubah, perasaan susah-senang, suka-duka, gembira-sedih adalah seperti halnya ombak di lautan yang timbul tenggelam.

Anda tidak bisa mencari-cari atau “memegang” ombak yang sudah tenggelam, Anda juga tidak  bisa “memegang” aliran air yang sudah lewat. Yang bisa Anda lakukan adalah menikmati  itu semua dengan mengubah atau menyesuaikan perasaan dan cara Anda memandang situasi saat ini apa adanya.

Untuk itu jika saat ini Anda sedang mengalami situasi “sulit”, “hancur”, “terpuruk”, tidaklah perlu situasi tersebut menjadikan Anda stress, depresi, dll karena situasi itupun akan segera berlalu.

Demikian pula jika saat ini Anda sedang menikmati situasi “berjaya’, “sukses”, “terkenal”, dll tidaklah perlu menjadi sombong atau terlalu dilekati karena situasi baik ini pun bisa saja berlalu berganti dengan situasi lainnya, yang mungkin saja lebih baik lagi atau lebih buruk…. Siapa yang tahu?

Yang bisa kita lakukan adalah menikmati dan syukuri saja apapun situasi yang saat ini sedang terjadi, tiada guna menyesali masa yang sudah berlalu, atau mengkhawatirkan masa yang belum pasti datang.

Segeralah “move on” dan bangkit lagi pak NN…..

Ikhlaskan dan syukuri yang telah terjadi, ambil hikmahnya, jadikan sebagai pelajaran, dan jadikan itu sebagai batu pijakan untuk melompat lebih jauh.

Jika kita jatuh terpeleset, janganlah salahkan atau sesali situasinya, tapi ambil pelajarannya bahwa ke depan kita harus tingkatkan kewaspadaan saat berjalan, mata kita harus lebih awas dan berhati hati.

Saat Anda sadari bahwa situasi yang terjadi saat ini adalah karena pengetahuan dan kemampuan Anda yang sangat minim tentang mengelola dan mengembang-biakkan uang, maka segeralah perbaiki dan tingkatkan hal itu.

Cari dan temukanlah sumber sumber pengetahuan dan mentor yang dapat meningkatkan kemampuan pengelolaan uang Anda. Hingga kemudian Anda dapat kembali bangkit dan mampu dalam hal pengelolaan keuangan dan kehidupan masa depan Anda.

Sebagai akhir dari surat terbuka ini, saya ingin mengutip sebuah kata kata bijak dari salah seorang guru kehidupan yang saya kagumi, semoga Anda semua terinspirasi….

“Segala yang datang HADAPI,

Segala yang telah pergi JANGANLAH DICARI,

Segala yang belum datang, JANGANLAH DINANTI”

 Salam Sukses Berkelimpahan,

Joe Hartanto

Founder of TheKEYtoFinancialFreedom.com dan PropertyCASHMachine.com

Tingkatkan pemahaman dan kemampuan Anda KELOLA serta KEMBANGBIAK-kan UANG Anda dengan mengikuti Workshop The Key to Financial Freedom.

 

Joe Hartanto