Property Cash Machine Workshop : Rahasia Kaya Raya tanpa Modal melalui Property

Banyak teman teman yang menanyakan pendapat saya, mengenai situasi ekonomi yang terjadi saat ini sehubungan dengan prospek investasi properti ke depannya.

Jawaban saya kepada mereka selalu begini, “justru saat saat seperti ini adalah saat yang baik untuk hunting dan membeli properti” Tentu saja sekilas jawaban saya terkesan terlalu mengada ngada, bahkan over optimis.

Mari kita kaji jawaban saya tersebut dengan alasan sbb :

1. Apakah dengan situasi krisis ekonomi seperti ini, jumlah penduduk akan berkurang? Sebagaimana yang kita ketahui jumlah penduduk akan terus bertambah apapun situasinya. Dan faktor terbesar yang mempengaruhi pertumbuhan pasar dan harga real estate adalah pertumbuhan jumlah penduduk bukan?

2. Disaat krisis ekonomi terjadi, banyak orang yang tiba tiba membutuhkan uang untuk menutupi : biaya kebutuhan sehari hari, kebutuhan perusahaan, kerugian dalam spekulasi saham mereka, rasa panik, cicilan bank yang membengkak, dll. Dan biasanya mereka akan menjual propertinya dengan harga yang cukup murah.

3. Tahun depan 2009 di Indonesia akan terjadi Pemilu, dan satu hal yang unik akan terjadi, bahkan sudah mulai terjadi adalah, para caleg untuk memenuhi rasa haus mereka akan kekuasaan dan popularitas akan habis habisan membelanjakan dana untuk kampanye. Dan sebagian dari mereka akan merogoh dana pribadi mereka dengan menjual simpanan rumah, ruko, townhouse ataupun apartemen yang selama ini mereka miliki, tentunya akan ada diantara mereka yang menjual propertinya murah murah supaya segera bisa berkampanye.

4. Karena situasi yang tidak menentu seperti ini, tentunya banyak investor dan spekulan yang ragu ragu dan tidak tahu berbuat apa, dan mereka hanya “wait and see” . Nah….akibatnya …. berkurang deh saingan kita di pasaran.

Jadi benar bukan? Bahwa ini adalah saat yang baik untuk hunting dan membeli property.

Saat ini harga saham berguguran, bahkan ada beberapa saham yang nyaris tidak ada harganya. Bandingkan dengan harga real estate, sekalipun dalam situasi seperti sekarang apakah harga real estate berguguran seperti saham?

Dalam situasi yang serba tidak menentu seperti sekarang, orang orang tetaplah memerlukan tempat tinggal, jika sekalipun mereka saat ini tidak mampu untuk membeli rumah, bukankah mereka tetap harus menyewa, kontrak atau kost?

Tentu saja dalam situasi ekonomi yang kurang baik, pembelian real estate komersial seperti office space, mall, ruko, atau kios akan sedikit mengalami penurunan, tapi mereka tetap membutuhkan tempat usaha untuk disewa atau dikontrak bukan?

Joe Hartanto