Hutang Baik vs Hutang Jahat

Selama perjalanan hidup hampir setengah abad, dalam pikiran, saya dengan sadar menyimpan dan memiliki rasa takut, jijik, geli, terhadap hampir semua binatang melata mulai dari kadal, biawak, ular sampai buaya.

Hiihh… buaya…

Jangankan yang masih hidup di alam liar atau di kandang, bahkan yang sudah mati, tinggal kulitnya saja yang sudah berubah bentuk jadi dompet, tas, sepatu atau ikat pinggang pun, selama ini saya tak sudi untuk menyentuhnya, karena dengan melihat bentuk dan warna kulit mereka saja saya sudah timbul perasaan jijik dan geli…

Tapi beberapa waktu lalu, untuk pertama kalinya, saya berhasil memberanikan diri, menembus halangan mental saya selama ini untuk tidak hanya sekedar menyentuh, tapi mengendong seekor buaya….. ya benar buaya yang masih hidup ditengah hutan nasional Tanjung Puting di Kalimantan…

Wow itu adalah sebuah pengalaman mental yang sangat luar biasa, karena saya menemukan sebuah pengalaman baru, jadi tahu rasanya bagaimana halus dan lunaknya kulit buaya dan betapa indah serta mengagumkan warnanya.

Saya jadi senang sekali berhasil mengalahkan segala macam perasaan takut, ragu, jijik, geli yang selama ini saya miliki dan menemukan bahwa ternyata yang ada di pikiran saya selama ini salah besar, Kenyataannya tidak seperti yang saya pikirkan selama ini….

Hal ini jadi mengingatkan saya dan mungkin Anda juga, bahwa hal serupa bisa atau sering terjadi dalam  kehidupan kita sehari-hari.

Sebuah belief atau keyakinan yang salah yaitu keyakinan yang menghambat atau sering disebut mental block yang mungkin selama ini kita yakini benar, ternyata salah dan membuat kehidupan kita selalu jalan di tempat.

Saya harus akui, Tidak Mudah untuk bisa mengoyang sebuah belief atau keyakinan yang selama ini sudah kita yakini sebagai hal yang benar (sama seperti saya yakin kulit buaya itu menjijikkan). Butuh Open Mind atau Pikiran Terbuka serta kemauan untuk Introspeksi Diri.

Oh ya…

Kita sedang membicarakan Belief atau Keyakinan yang Negatif atau Menghambat ya… Kalau Belief atau Keyakinan yang Positif atau Mendukung untuk meraih tujuan dan impian Anda tentu gak perlu digoyang atau diganti.

Jadi misal Anda memiliki keyakinan bahwa Kalau ada orang lain bisa Sukses, Saya juga pasti bisa! 

Tentu keyakinan seperti ini akan mendukung Anda meraih tujuan Anda, ya sangat bagus untuk dimiliki.

MITOS dan KEYAKINAN tentang HUTANG

Nah di dunia Investasi Properti, salah satu Mitos atau Keyakinan yang menurut saya  menghambat banyak orang adalah mitos atau keyakinan mengenai HUTANG.

Pernahkah Anda mendengar ungkapan seperti berikut ini?

  • Hutang itu NEGATIF! Harus dihindari kalau ingin Sukses secara Materi.
  • Punya Hutang itu BEBAN!
  • Punya Hutang = Jadi Budak Bank!
  • Punya Hutang berarti Miskin atau Tidak Punya Uang!
  • Punya Hutang itu Menyusahkan Anak dan Pasangan!
  • Punya Hutang itu Tidak Bermoral!
  • Punya Hutang itu Tidak Berwibawa!

Kemungkinan besar pernah dengar ya?

Pertanyaannya adalah Apakah itu benar?

Apakah pengalaman negatif orang lain karena hutang berarti juga berlaku atau menjadi kebenaran buat semua orang?

Bacalah pendapat saya pribadi di bawah ini saat Anda memiliki Open Mind atau Pikiran Terbuka…

Saya selama puluhan tahun juga memiliki keyakinan yang negatif tentang hutang. Saya menyimpan keyakinan ini akibat ucapan dan keyakinan yang ditularkan dari orangtua saya.

Sehingga saya juga memiliki asumsi dan keyakinan bahwa Hutang itu Jahat! Hutang itu bisa bikin orang bangkrut dan lain-lain.

Syukurlah saat saya kembali dari kerja kasar di US belasan tahun lalu dan terutama dari banyak pembelajaran yang lakukan pada masa itu, saya bisa melihat bahwa ada keyakinan keliru tentang hutang. Tanpa saya sadari hal ini menjadi hambatan dalam kemajuan dalam kehidupan saya secara finansial.

Betapa bersyukurnya saya setelah saya berhasil mengubah belief atau keyakinan tentang hutang ini, maka kehidupan keuangan saya berubah 180 derajat, semakin hari semakin baik.

Jadi yang perlu Anda sadari adalah Hutang itu seperti Uang, sifatnya Netral.

Anda suka punya banyak uang? Atau Anda ANTI punya Uang? Uang itu BAIK atau JAHAT?

Tentu Uang sebagai kata benda, tidak ada yang baik, tidak ada yang jahat. Karena uang itu sifatnya Netral. Dipakai untuk beli senjata atau narkoba, maka uang jadi jahat. Dipakai untuk menghidupi keluarga dan untuk menolong orang, maka uang jadi alat kebaikan.

Sama juga dengan Pisau. Pisau dipakai untuk melukai orang lain jadi alat kejahatan, tetapi pisau dipakai di dapur untuk memasak, jadi alat yang bermanfaat. Jadi tergantung cara penggunaannya…

Demikian pula dengan Hutang.. Sifatnya Netral.. Tergantung dipakai untuk apa..

Hutang dipakai untuk membeli barang konsumtif yang tidak perlu (seperti mayoritas orang, beli mobil, handphone keren, tas mewah dll) maka itu menjadi HUTANG JAHAT atau BAD DEBT.

Hutang dipakai untuk coba-coba memulai bisnis yang belum jelas maka itu juga termasuk HUTANG yang BAHAYA.

Hutang dipakai untuk dibungakan ke teman atau investasi bodong yang menjanjikan hasil 5% per bulan, ya itu BODOH!

Itulah contoh-contoh HUTANG JAHAT atau BAD DEBT!

Tetapi Hutang yang dipakai untuk mengembangkan Bisnis yang SUDAH berjalan, itu adalah Hutang yang BAIK atau GOOD DEBT!

Hutang dipakai untuk Investasi ke Properti yang menghasilkan Cash Flow tiap bulan, maka itu juga termasuk Hutang yang Baik.

Anda mulai bisa melihat perbedaannya? Jadi Hutang itu Netral, tergantung cara menggunakannya.

Banyak orang menurut saya secara mentah-mentah (tidak dipikir) saat mendengar ungkapan dan mitos mengenai Hutang, langsung menerimanya sebagai sebuah kebenaran. Tanpa disadarinya, pikiran dan keyakinan tentang hal ini menjadi Faktor Penghambat Kesuksesan nya di Investasi atau Bisnis apapun.

Jadi yang perlu Anda pelajari sebetulnya adalah:

Bagaimana Menggunakan Hutang secara Bijaksana? 

Bagaimana cara memiliki HUTANG BAIK atau Good Debt yang membuat Anda, Semakin Semakin Kaya?

Itulah yang sebenarnya perlu dipelajari banyak orang…

Oleh sebab itu saya ada sharing dan membahas secara lebih mendalam tentang jawaban 2 pertanyaan diatas di Workshop Property Cash Machine.

Sehingga Anda bisa belajar bagaimana memiliki Hutang yang Baik dengan berinvestasi di properti yang tepat sehingga Anda semakin hari semakin kaya, bukan semakin melarat.

Apakah untuk Investasi di Properti, Anda harus berhutang?

Tentu saja tidak! Ada banyak cara dan skenario untuk investasi di properti. Jurus dan skenario investasi Tanpa Hutang ke Bank juga saya sharingkan di Workshop Property Cash Machine.

Ok semoga apa yang saya sharingkan diatas bermanfaat buat perkembangan finansial Anda dan keluarga!

Salam Sukses Berkelimpahan,

Joe Hartanto

Entrepreneur, Property Investor dan Penulis 3 Buku National Best-Seller

KLIK DISINI untuk Dapatkan PDF dan 3 Video GRATIS tentang Rahasia KAYA dari Strategi Investasi PROPERTI yang CERDAS dengan Tanpa atau Minim Modal.

Joe Hartanto