Horeeee…LULUS Ujian Keuangan

lulus-graduate

Teman teman, tentunya Anda semua pernah menghadapi ujian kenaikan kelas atau ujian semester saat Anda sekolah dulu.  Untuk naik kelas, Anda harus minimal mencapai nilai tertentu baru dianggap ‘layak’ untuk naik kelas. Kalau tidak berhasil mencapai nilai minimal tersebut, Anda tidak naik kelas alias harus mengulangi kembali pelajaran di kelas tersebut, betul tidak?

Nah sadarkah Anda, bahwa di dunia nyata (dunia setelah sekolah), Anda juga masih selalu menghadapi ujian?

Terutama ujian dalam hal keuangan (sesuai dengan topik yang kita bahas di website ini). Kita semua pernah melalui ujian keuangan ini dan bahkan mungkin beberapa dari Anda saat ini malah sedang menghadapi ujian keuangan.

Mungkin Anda mulai bingung dan berpikir “Ujian yang mana ya? Saya kan sudah selesai sekolah…” he..he..

Ujian keuangan ini biasanya muncul, saat Anda ingin naik kelas keuangan yaitu ingin meningkatkan kondisi keuangan Anda.

Dari yang mungkin hanya sekedar ingin mendapatkan tambahan uang beberapa juta rupiah setiap bulannya atau ingin membeli mobil baru, rumah baru, membiayai sekolah anak ke sekolah yang jauh lebih baik, ingin memiliki tambahan aset bisnis atau properti atau mungkin ingin membantu keuangan orang lain.

Intinya saat Anda menginginkan sesuatu, biasanya akan timbul tantangan atau ujian dalam hal keuangan.

Saya dan istri saat ini, seringkali dimintai pendapat sehubungan dengan ujian-ujian keuangan yang sedang dihadapi oleh teman teman atau para pembaca tulisan dan buku buku kami.

Biasanya, pertanyaan yang paling sering diungkapkan dalam ujian keuangan, adalah mengenai tidak ada atau kurangnya modal saat seseorang ingin memulai bisnis atau membeli sebuah properti.

Dan kami sangat bisa maklum mengenai ini karena kebanyakan orang pada umumnya, berpikir “diperlukan uang untuk menghasilkan uang”.

Pertanyaan klasiknya adalah : “Bagaimana saya bisa mulai kalau engga ada modal, kan untuk bisnis perlu tempat, tempat perlu bayar sewa… mau dagang perlu modal barang dagangan, mau ikut MLM saja perlu uang untuk beli starter kit, mau ikut training bisnis perlu uang untuk bayar biaya trainingnya, dan segudang pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan modal uang

Teman teman, saya paham dan sangat mengerti cara pikir pertanyaan pertanyaan tersebut, karena duluuuuuuu……. saya pun pernah memiliki pikiran pikiran yang membatasi seperti itu.

Bahkan duluuuuuu, setiap kali waktunya menghadapi ujian apapun, pikiran saya selalu bertanya, “Kenapa kok mesti ada ujian sih?”, “Siapa sih yang bikin soal ujian ini?”, “Ini ujian kenapa kok datang bertubi tubi?” dan pertanyaan sejenis lainnya.

stress-at-exam
Ternyata dengan bertanya seperti itu, dari pengamatan saya, tidak membuat soal ujian menjadi lebih mudah, malah membuatnya semakin bertambah sulit.

Tetapi berbeda halnya, saat saya menghadapi ujian dan kemudian pikiran saya bertanya, “Bagaimana ya caranya bisa menjawab soal ujian ini dengan mudah, dan lulus, sehingga saya bisa naik kelas?

Biasanya dengan berpikir seperti itu, pikiran saya malah akan bekerja mencari dan  menemukan jawaban atau menemukan cara untuk mendapatkan jawaban atas soal ujian tersebut.

Salah satu jawaban saya untuk soal ujian modal uang untuk membeli atau memiliki aset properti yang nilainya ratusan juta atau milyaran, sudah saya bagikan dalam buku saya yang pertama PropertyCASHMachine, dan tentunya jika jawabannya bisa membantu Anda lulus soal ujian yang sama, silakan Anda contek, tiru dan praktekkan.

Beberapa waktu lalu, istri saya mendapat sebuah sharing kelulusan ujian keuangan yang luar biasa dari salah seorang teman alumni pelatihan TheKEYtoFinancialFreedom.com, kita sebut saja namanya bu Ratu.

Ibu Ratu ini saat beberapa waktu yang lalu ikuti workshop KFF, ternyata saat itu sedang menghadapi ujian keuangan, soal ujiannya saat itu adalah gagal dalam berbisnis hingga menimbulkan soal ujian berikutnya, yaitu kondisi keuangannya berantakan dan tentu saja hal tersebut membuat kondisi psikologisnya cukup tertekan saat itu.

Tetapi kira kira 3 minggu setelah bu Ratu mengikuti workshop TheKEYtoFinancialFreedom.com, istri saya menerima pesan dari bu Ratu sebagai berikut :

“Bu Wei Wei, saya lagi happy sekali. Puji syukur berkat ilmu cara meyakinkan investor yang diajarkan di workshop KFF, …. akhirnya saya bisa closing dalam menjual rumah.

Usaha saya masih baru, kantor masih nebeng kakak. Ketika saya menawarkan salah satu rumah kepada seorang investor, awalnya beliau samasekali tidak tertarik.

Tapi kemudian saya siapkan presentasi untuk rumah tersebut. Presentasinya saya siapkan step by step, sesuai investor check list, yang diajarkan di salah satu sesi KFF…… dan tenyata….It Works!!!….saya berhasil Bu.. saya dipercaya… dan transaksi terjadi, saya dapat keuntungan komisi 39 jt!!

Ternyata saat mengikuti workshop KFF, saya jadi menyadari bahwa selama ini, saya memiliki value atau belief dalam diri saya yang kurang mendukung, saya memiliki ketakutan dibilang sombong, belief saya selama ini mengharuskan saya untuk rendah hati, tetapi rupanya saya menyalah-artikan hal ini, sehingga malah menjadi hal yang tidak mendukung pengembangan diri saya.

Tetapi sejak ikuti workshop KFF, saya berhasil mengubah value dan belief ini menjadi hal yang mendukung karir dan pengembangan diri saya

Catatan: Kebetulan profesi beliau broker properti dan salah satu ilmu yang dipelajari di KFF dapat beliau aplikasikan di bidang profesinya, tetapi KFF adalah program pelatihan keuangan praktis yang dapat diterapkan untuk semua bidang profesi.

Selang beberapa bulan setelah pesan Whatsapp diatas, bu Ratu kembali berkomunikasi dengan istri saya, dan beliau mengatakan, Puji syukur bu Wei Wei, sekarang rata rata penghasilan komisi saya 40 jt per bulan Bu.

Wah selamat buat Bu Ratu karena Anda telah lulus ujian keuangan Anda!! Bagaimana dengan Anda?

Cover-Buku-KFFNah teman teman, kabar gembiranya adalah bagi Anda yang belum berkesempatan untuk mengikuti workshop KFF terdekat, Anda bisa mempelajari dulu buku The Key to Financial Freedom.

Buat yang belum sempat memiliki buku KFF saat kami buka Pre-Order 2 bulan lalu, saat ini selain Anda sudah bisa mendapatkannya di Gramedia atau toko buku terdekat, Anda juga bisa order Bundle Buku The Key to Financial Freedom melalui website kami untuk mendapatkan ilmu dan langkah-langkah praktis dalam mengelola keuangan pribadi Anda menuju kebebasan keuangan.

 

Berikut salah satu komentar pembaca buku KFF di website kami :

komentar-buku-kff

Kami yakin Anda akan mendapatkan manfaat besar dari mempelajari buku ini karena kami menulis buku ini dari pembelajaran dan pengalaman pribadi selama puluhan tahun sehingga akhirnya bisa meraih kebebasan keuangan dan waktu dalam usia yang relatif muda. Kami berharap hal yang sama terjadi pada diri Anda juga.

Salam Sukses Berkelimpahan,

Joe Hartanto & Tju Wei Wei

Founder of TheKeytoFinancialFreedom.com

Founder of PropertyCASHMachine.com

Tingkatkan kemampuan Anda KELOLA dan KEMBANGBIAKkan UANG Anda dengan ikuti @ http://TheKEYtoFinancialFreedom.com/workshop

 

Joe Hartanto