Hati Hati Digigit “Properti Buaya” !!

Teman teman, melanjutkan beberapa tulisan sebelumnya, kali ini, saya masih ingin menceritakan pengalaman saya menyelam di Raja Ampat, Papua dan hubungannya dengan dunia investasi properti seperti yang saya lakukan dan juga ajarkan selama ini.

Dalam penyelaman di lokasi lokasi laut yang  habitat dan lingkungannya masih terjaga dengan baik, biasanya kita akan bisa melihat dan menikmati keindahan bawah laut yang luar biasa, mulai dari ikan ikan kecil yang bentuknya aneh dan warna warni, sampai ikan ikan besar langka yang selama ini cuma lihat di foto atau di film saja, sampai pada karang, tumbuhan dan coral laut yang bentuknya bermacam macam dan berwarna warni, layaknya seperti sebuah taman bunga yang sangat indah.

raja-ampat
 

Nah biasanya, bagi penyelam yang baru, saking terkagum kagumnya dengan keindahan tersebut, ada keinginan untuk memegang, menyentuh dan merasakan benda benda bawah laut tersebut.

Tentu saja akan sulit sekali untuk memegang atau menyentuh ikan ikan yang berenang dengan lincahnya ke sana kemari. Maka biasanya yang jadi sasaran sentuhan adalah karang, tumbuhan dan coral yang beraneka bentuk dan warna waninya sangat memikat mata para penyelam.

Dan biasanya semakin menarik bentuk dan warnanya, semakin besar keinginan untuk menyentuh dan merasakannya…..hehehe…..

Demikian pula, bagi seorang awam atau pemula dalam investasi properti, semakin keren dan megah sebuah properti tampaknya, maka  keinginan untuk memilikinya semakin besar.

Apalagi bila sambil membayangkan, betapa bangga dan menyenangkannya saat sudah membeli atau memilikinya, terus lalu membayangkan ada teman atau relasi yang mengagumi serta memberi pujian atas bentuk arsitektur, ornamen, serta warna warna cat properti yang Anda miliki.

Yang timbul di pikiran saat itu biasanya adalah “hmmmm betapa amat membanggakan bila saya membeli dan memiliki properti itu”

Apakah salah, bila seseorang punya perasaan atau keinginan seperti itu?

Tentu saja tidak, itu sesuatu yang sangat normal, manusiawi. Perasaan ingin dipuji, ingin dikagumi, ingin merasa bangga, itu sesuatu yang sangat alamiah seperti halnya keinginan untuk menyentuh dan memegang mahkluk mahkluk bawah laut yang memang sangat menarik hati untuk disentuh.

Tetapi jangan ambil kesimpulan dulu, tunggu sampai Anda selesai baca artikel ini sampai tuntas…..

Teman teman, tahukah Anda bahwa di antara benda benda yang unik dan menarik di dunia bawah laut itu ada yang namanya Fire coral, yang  bentuk dan warnanya juga amat sangat menarik, tetapi sekaligus juga amat sangat beracun??

Karena bila kulit tubuh kita bersentuhan dengan Fire coral tersebut, maka 30-60 menit kemudian Anda akan terserang rasa gatal dan sakit yang luar biasa di bagian kulit yang sempat bersentuhan dengan Fire Coral tadi.

Dan biasanya rasa sakit dan gatal ini bisa terus berlanjut sampai 1-2 minggu setelah kejadian. Bahkan salah satu teman penyelam pernah punya pengalaman “menabrak” salah satu jenis Fire Coral yang sengatnya bisa menembus pakaian selamnya yang cukup tebal, dan rasa sakitnya tidak tertahankan, sampai rasanya ingin “memotong” saja anggota tubuh yang terkena sengat Fire Coral tersebut.

fire-coral-1fire-coral-2

Sebagai penyelam pemula yang didampingi oleh penyelam profesional sebagai mentor saya sewaktu menyelam di Raja Ampat, Papua. Tentunya saya sudah di briefing mengenai Fire Coral ini sebelum melakukan penyelaman, tetapi tetap saja saya tidak bisa membedakan yang mana jenis Fire Coral, yang mana yang hanya coral atau karang biasa.

Sehingga saat menyelam, ada beberapa kali saya dingatkan untuk tidak menyentuh ataupun menabrak Fire Coral tersebut, dan tetap saja walau sudah diingatkan masih saja ada bagian tubuh saya yang sedikit “tersengat” oleh racun Fire Coral tersebut, karena begitu banyak macamnya Fire Coral tersebut, dan terkadang kita tidak sadar saat sedang mengejar ikan, tiba tiba di samping kita sudah ada Fire Coral begitu dekatnya….. bahkan istri saya cukup parah “tersengat” oleh Fire Coral tersebut, sampai 2 minggu setelah kembali dari perjalanan penyelamanpun, rasa gatal dan sakitnya masih terasa sekali di kulit yang terkena sentuhan Fire Coral tersebut.

Nah di dalam dunia properti, tentunya juga banyak properti properti yang sangat menarik, baik dari segi promosi yang ditawarkan, lokasinya, bentuk desain arsitektur dan ornamennya, serta pemilihan warna warna cat temboknya.

Tetapi hati hati teman, jika Anda belum berpengalaman dan masih pemula di bidang properti, bisa bisa…..properti yang menarik hati Anda untuk dibeli dan dimiliki itu sama dengan Fire Coral, indah di mata, indah dilihat, tetapi tidak indah dan tidak enak rasanya di kantong.

Awalnya indah dilihat, membanggakan rasanya bisa memilikinya, tetapi ujungnya “menyengat” Anda, ujungnya “menggigit” Anda, hingga rasa sakit di kantong Anda tidak tertahankan lagi….. dan akhirnya malah membuat keuangan Anda porak poranda……

Fire Coral dalam dunia properti ini, biasanya dalam buku maupun pelatihan PropertyCASHMachine,  saya istilahkan “properti buaya”.

Yaitu properti yang saat Anda miliki (piara) akan menyedot isi kantong Anda untuk memberinya makan, dan saat Anda sudah tidak sanggup memberinya makan, maka Andalah yang akan jadi santapannya…hmmm nyam nyam nyam…lezat…

Buat Anda yang bingung dan baru pertama kali ini mengenal istilah “properti buaya” silakan baca dan pelajari buku PropertyCASHMachine

Berikut adalah satu sharing yang bagus dari salah seorang teman, mengenai “properti buaya” :

“Di dalam pesawat perjalanan pulang ke kampung halaman duduk disamping saya sebut saja namanya Pak Edi, kami berkenalan dan ngobrol sampai pembicaraan dengan topik property, pak Edi karyawan swasta memiliki beberapa ruko di kampung halamannya, yg dia beli lewat kpr dan cicilan potong gaji.

Saat ini pak Edi ingin melepas rukonya krn merasa berat dg cicilan, awalnya dia berharap mendapat keuntungan dg menjual kembali property yg dia miliki. Tetapi sampai saat ini tdk ada seorangpun yg berminat walaupun pak Edi sdh pasang harga undervalue, siap rugi satu ruko 10 persen. Kenyataan tdk sesuai dg yg diharapkan. 

Dulu saat awal membaca brosur ruko yg blm dibangun, angan2 Pak Edi bisa mendapatkan keuntungan dr hasil penjualan ruko stlh selesai dibangun, tapi apa nyana?

Jangankan keuntungan, di tengok calon pembeli aja tidak, dari sini bisa dipetik pelajaran, ini akibat beli properti tanpa ilmu pengetahuan yang tepat.

(Terima kasih untuk sharingnya bu Poer)

 

Bagi para pemula, para awam di dunia investasi properti, memang biasanya mereka tidak bisa bedakan properti mana saja yang bisa berpotensi jadi PropertyCASHMachine, dan properti mana saja yang bisa jadi “properti buaya”.

Awalnya mereka tertarik memiliki “properti buaya” tersebut disebabkan terpikat (terbawa emosi) oleh bentuk dan warnanya yang indah seperti Fire Coral, tetapi sebagian besar disebabkan karena mereka tidak punya kemampuan untuk bedakan mana yang sebenarnya bisa jadi PropertyCASHMachine, dan mana yang bisa jadi “properti buaya”.

Untuk itulah penting sekali seorang pemula awam yang ingin berinvestasi di properti, membekali dirinya terlebih dahulu dengan pengetahuan berinvestasi yang tepat atau setidaknya di dampingi seorang yang sudah berpengalaman dan bisa di percaya untuk membimbing dan diajak berkonsultasi, seperti halnya saat menyelam saya selalu didampingi oleh mentor penyelam saya.

properti-buaya
Terkadang saya sering ditanya, dimintai pendapat oleh teman, apa yang harus mereka lakukan agar terhindar dari “properti buaya” atau tindakan spekulasi, jika mereka memiliki uang atau modal sebesar sekian xxx untuk diinvestasikan di properti?

Maka, jawaban saya biasanya seperti ini, “Investasikan terlebih dahulu uang atau modal yang Anda miliki  saat ini untuk miliki pengetahuan investasi properti yang tepat, agar ke depan Anda bisa miliki kemampuan bedakan mana yang investasi, mana yang spekulasi, mana yang PropertyCASHMachine, mana yang “properti buaya”.

Karena pengetahuan yang Anda miliki dan kuasai itulah yang akan menyelamatkan dan melindungi uang hasil jerih payah yang Anda kumpulkan selama ini dari “properti properti buaya” atau investasi investasi bodong yang banyak sekali bertebaran di luar sana dan siap memangsa kapan saja.

Dunia bisnis dan investasi property adalah dunia yang mengagumkan.. Bisa membawa anda ke kebebasan keuangan yang menyenangkan.. Tapi pelajari dan kuasai dulu ILMUnya.. Jangan sampe terperosok…dan terjebak dalam spekulasi”

Salam Sukses Berkelimpahan,

Joe Hartanto

Founder of PropertyCASHMachine.com

Co Founder of BuildingWealthAcademy.com

Tingkatkan WEALTH mindset Anda, dengan PCM E-Learning

@ http://PropertyCASHMachine.com/elearning

Tingkatkan & perdalam WEALTH mindset Anda, dengan sesi workshop & konsultasi
@ http://PropertyCASHMachine.com/workshop

dan

http://TheKEYtoFinancialFreedom.com/workshop

Joe Hartanto