6 Jurus Menemukan Properti HotDeal

Dalam tulisan sebelumnya, saya telah membahas mengenai jurus “menunggangi lawan” untuk Hasilkan Uang lebih Banyak dan lebih Cepat yang terinspirasi dari  pengalaman saya menyelam di Raja Ampat dan pengalaman berbisnis serta berinvestasi yang saya lakukan selama ini.

Nah, kali ini saya masih akan berbagi pengalaman lain saat menyelam di Raja Ampat dan berhubungan dengan cara saya menemukan Hot Deal di bisnis dan investasi selama ini.

Seperti yang sudah saya jelaskan dalam tulisan saya sebelumnya, perjalanan saya menyelam di Raja Ampat kali ini dilakukan bersama sama dengan teman-teman penyelam yang sangat berpengalaman menyelam di banyak lokasi, baik di dalam maupun di luar negeri.

Sehingga bagi seorang penyelam pemula dan amatiran seperti saya dan istri, ini merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa, karena kami jadi bisa mengalami percepatan pembelajaran ilmu menyelam karena selain ‘harus’ menyelam 4 kali sehari selama 7 hari perjalanan ini, tetapi kami juga dibimbing dan didampingi oleh teman-teman penyelam yang sangat berpengalaman.

Hal yang saya pelajari dari mereka selain tehnik tehnik penyelaman lanjutan yang sangat berharga adalah pengetahuan mereka mengenali dan menemukan makhluk makhluk laut yang unik-unik dari segi bentuk, warna maupun ukurannya. Yang bagi orang awam atau penyelam pemula sangat sulit untuk bisa mengenali dan menemukannya.

Anda akan sangat terkagum kagum kalau saya katakan bahwa selama penyelaman sebagian besar yang kami cari dan temukan bukanlah sekedar ikan ikan besar seperti Baracuda, Hiu dan Manta Ray (Pari) yang bentangan lebarnya bisa 4-6 meter, tetapi juga makhluk makhluk laut kecil salah satunya adalah Pygmy (super mini kuda laut) yang ukurannya bisa hanya 1-2 milimeter.

Ya Anda tidak sedang salah baca…1-2 milimeter saja… Mencari sekrup jatuh di darat saja kadang kita kesulitan dan gak bisa ketemu…. Lah ini cari makhluk yang ukurannya lebih kecil dari sekrup di lautan…. hahaha….

Yang bikin tantangan ini lebih sulit lagi, karena si Pygmy ini seperti Bunglon yang pintar meng-kamuflase dirinya hingga warnanya mirip dan menyatu dengan tempat dia bertengger…..

foto-pygmy-raja-ampat

(Foto ini hasil pembesaran, aslinya kecil sekali seukuran 1-2mm)

Yang bikin saya terkagum kagum adalah mereka selalu bisa menemukan Pygmy-Pygmy ini hampir di tiap kali penyelaman. Sedangkan saya yang hanya tinggal terima jadi, dan ditunjukkan oleh mereka saja, terkadang masih sangat kesulitan untuk bisa mengenalinya.

Kadang saya agak “nakal”, dengan melihat Pygmy itu melalui layar kamera mereka…hahaha… itulah cara termudah untuk melihat Pygmy, lihatlah dari layar monitor kamera, atau paling gampang lagi lihat saja hasil fotonya, walau kesan dan perasaannya tentu berbeda melihat foto dengan melihat bentuk aslinya di habitatnya.

foto2-pygmy-raja-ampat
Mengapa teman-teman penyelam dapat menemukan Pygmy yang super kecil itu di lautan yang sedemikian luasnya?

Ada beberapa hal yang dapat saya simpulkan yang rupanya mirip dengan jurus menemukan properti hot deal :

  1. Walau mereka adalah para penyelam berpengalaman, tetapi mereka tetap didampingi oleh seorang dive master yang mengetahui perkiraan lokasi Pygmy berada, dalam hal properti atau bisnis, peranan dive master bisa di samakan dengan peranan seorang mentor yang sudah berpengalaman.
  2. Mereka sudah menguasai cara menyelam dan menjaga keseimbangan dengan baik, hingga mereka menyelam dengan santai, rileks hingga fokus perhatian mereka bisa di curahkan untuk hunting Pygmy. Fokus juga sangat diperlukan dalam hal properti.
  3. Mereka sudah mengenali bentuk dan ciri ciri Pygmy yang ingin mereka temukan. Jenis dan properti yang ingin Anda dapatkan juga tentunya punya ciri dan karakteristik tersendiri.
  4. Mereka mengetahui habitat atau tempat hidup Pygmy biasanya ditemukan. Tentunya habitat hotdeal sebuah properti berbentuk gudang, akan berbeda jauh dengan habitat properti hunian.
  5. Mereka mencari dengan penuh kesabaran, kalaupun belum berhasil menemukan dalam sebuah penyelaman, mereka akan tetap berusaha mencari dan menemukan sampai bisa menemukan di penyelaman penyelaman berikutnya. Itulah gunanya dalam properti adanya rumus 100 : 10 : 3 :1
  6. Mereka bekerja dalam team dan rela berbagi dengan teman teman lainnya, hingga saat menemukan Pygmy, yang pertama kali menemukan akan segera memanggil dan memberitahukan pada teman teman lainnya.Setiap kali penyelaman mereka akan saling bantu dan tukar menukar informasi temuan mereka. Anda akan jauh lebih mudah menemukan hotdeal properti, jika Anda mencarinya bersama team Anda.Dan saat Anda memiliki mentalitas berkelimpahan, serta percaya bahwa begitu banyaknya hotdeal berserakan di luar sana, maka tentunya Anda juga akan jauh lebih mudah menemukannya dan akan memiliki kerelaan serta keikhlasan berbagi informasi dan pengalaman dengan teman teman Anda lainnya, seperti yang selama ini saya lakukan dengan menuliskan dan membagikan pengalaman saya dalam bentuk buku dan pelatihan serta bimbingan.

Nah, teman teman, Andapun dapat menerapkan 6 jurus di atas, dalam hal mencari properti hotdeal. Selain tentunya ada hal hal mendasar lainnya yang perlu dikuasai dan dilakukan untuk dapat berhasil menemukan dan meng-akuisisi hotdeal.

Salah satu hal mendasar lainnya yang perlu Anda kuasai adalah CAHATILOKODOK, mahkluk apakah itu?

  1. CA adalah cashflow. Anda harus dapat menguasai cara menghitung potensi cashflow dari prospek sebuah properti atau bisnis.
  2. HA adalah harga. Anda harus dapat menilai apakah harga yang ditawarkan itu mahal, standar atau murah? Dan di harga berapa sebaiknya Anda menawar?
  3. TI adalah motivasi penjual. Anda harus dapat menggali dan menemukan motivasi penjual, hingga Anda bisa memenuhi hal mendasar atas motivasi penjual menjual propertinya tersebut.
  4. LO adalah lokasi. Anda harus dapat menilai lokasi lokasi mana saja yang bagus dan masih bertumbuh dan lokasi lokasi apa saja yang harus Anda hindari dan jauhi.
  5. KO adalah kondisi. Anda harus dapat menilai kondisi properti yang akan Anda akuisisi, sehingga saat Anda beli, Anda tidak keluar biaya yang diluar perkiraan awal.
  6. DOK adalah dokumen. Anda harus dapat mengetahui keabsahan dokumen legalitas dari sebuah properti sebelum memutuskan membeli properti tersebut.

Bagi Anda yang bingung dan baru pertama kali ini dengar istilah CAHATILOKODOK, Anda dapat membaca dan mempelajarinya lebih lengkap di buku PropertyCASHMAchine.

Bagi Anda yang sudah pernah tahu dan membacanya, saya berharap dengan tulisan ini, Anda semakin menyadari betapa pentingnya menguasai CAHATILOKODOK itu sebagai salah satu hal yang mendasari keberhasilan Anda dalam menemukan Pygmy….eh kok malah Pygmy  ….. maksud saya, menemukan dan mengakuisisi hotdeal properti he..he..

Salam Sukses Berkelimpahan,

Joe Hartanto

CoFounder of BuildingWealthAcademy.com

Upgrade your wealth mindset with PCM E-Learning

@ http://PropertyCASHMachine.com/elearning

Upgrade your wealth mindset with workshop & consulting session @ http://PropertyCASHMachine.com/workshop

And

@ http://TheKEYtoFinancialFreedom.com

 

Joe Hartanto